Sebanyak 19 item atau buku ditemukan

Statistik Pendidikan

Statistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara yang digunakan dalam penyusunan, penyajian, analisis, dan interpretasi data yang kuantitatif (berupa angka), sehingga dapat diambil kesimpulan dan makna dari data tersebut. Mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti perlu memahami konsep dasar statistik, dan dapat menentukan teknik analisis data yang tepat digunakan, sesuai dengan jenis data dan tujuan yang akan dicapai, serta mampu menggunakan teknik tersebut untuk menganalisis data. Buku ini ditulis untuk membantu para pembaca menganalisis data dengan lebih mudah dan praktis dengan penjelasan langkah-langkah kegiatan yang dilakukan secara bertahap, sehingga lebih mudah dipahami dan diikuti. Setiap prosedur dan teknik analisis yang dijelaskan, selalu diikuti dengan contoh, dan teknik analisis statistik secara praktis, sehingga mudah diikuti. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Latihan: Ujilah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode diskusi dibandingkan dengan yang diajar dengan metode tanya jawab dari data berikut ini: TABEL 98. DATA HASILUJIAN MATEMATIKA 2 KELOMPOKSISWA Skor ...

Profesionalisme Guru Dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik

Banyaknya peserta didik tentu akan membawa keragaman karakter. Keberagaman karakter peserta didik tentunya akan menguji kemampuan guru dalam profesionalismenya. Suasana proses pembelajaran sangat penting dalam menjalin hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik. Jika suasana tersebut terjalin dengan baik, maka hubungan timbal baliknya pun akan berkoherensi dengan baik sehingga keeratan hubungan akan terjalin dan proses pembelajaran pun menjadi lancar. Ketika proses pembelajaran menjadi lancar, maka peserta didik akan merasa nyaman untuk belajar dan berekplorasi dengan pokok bahasan dalam pembelajaran tersebut. Guru yang profesional selalu menciptakan suasana yang positif terhadap peserta didik sebelum mereka beradaptasi dan selama proses pembelajaran. Dibutuhkan kecermatan dan pikiran yang taktis serta open minded dari seorang guru dalam menyusun sebuah strategi pembelajaran. Proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif apabila guru tersebut tidak dapat memahami karakter peserta didik. Secara sederhana pekerjaan yang bersifat profesional adalah pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh mereka yang secara khusus disiapkan untuk itu dan bukan pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang karena tidak dapat atau tidak memperoleh pekerjaan yang lainnya. Profesionalisme yang berdasarkan keterbukaan dan kebijakan terhadap ide-ide pembaharuan itulah yang akan mampu melestarikan eksistensi sekolah/madrasah. Profesionalisme Guru Dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Profesionalisme Guru Dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi fisik maupun non fisik yang terjadi secara teratur dan terorganir berlangsung sepanjang kehidupan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan jika kita telaah bersama dari sudut pandang psikologi berbeda. Pertumbuhan dapat diartikansebuah perubahan secara kuantitatif pada fisik manusia baik faktor internal dan eksternal. Sedangkan perkembangan adalah perubahan secara kualitatif yang bersifat jasmani dan rohani manusia yang saling berkesinambungan menuju ke arah yang lebih baik, dan pertumbuhan ini ada batasannya, sedangkan perkembangan terjadi sepanjang hayat manusia tidak ada batasannya Pendidikan adalah merupakan sebuah proses yang terdiri dari beberapa tahap, diantaranya tahap perkembangan, perkembangan ini merupakan suatu yang muncul pada periode tertentu dalam khidupan individu atau kehidupan masyarakat, dan apabila tugas itu dapat berhasil diselesaikan maka akan membawa kesuksesan dalam khidupan, dan apabila gagal maka akan menyebabkan ketidak bahagiaan pada diri individu atau masyarakat, maka secara otomatis akan menimbulkan penolakan dalam masyarakatdan akan mengahdapi kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas nya pada periode berikutnya, oleh sebab itu kemampuan dapat menilai dan memahami agar lebih melihat tentang perkembangan peserta didiknya dan menjadi prasyarat penting dalam proses pembelajaran.

Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi fisik maupun non fisik yang terjadi secara teratur dan terorganir berlangsung sepanjang kehidupan ...

Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar

KONTRIBUTOR: Dr. Ina Magdalena, M.Pd. Aditya Dwi Nokhriyana Alifah Oktania Alim Aqqil Nashrulah Annisa Dwi Pratiwi Asika Fauziah Della Destiana Febri Yanti Fitri Ramadanti Firsta Azzahra pasyah Hadana Nur Fauzi Hani Melly Mayanti Hasanah Fitriah Hilda Firliyansyah Irwan Kurniawan Kristin Novita Sari Sipayung Lusy Nur Rahmayani Novia Permata Sari Nurmanita Yuniawan Nurul Hasanah Nurul Rossatia Putri Indah Sari Raafiza Putri Rachmah Nurfitriah Rideva Az-zahra Rizka Surya Putri Syamsul Arief Sekartini Rikawan Syaputri Sholikhatu Tsania Siti Santi Milawati Sri Wulandari Pamungkas Tika Yuliyani Yollha Yuandrani Yulia Septina

KONTRIBUTOR: Dr. Ina Magdalena, M.Pd. Aditya Dwi Nokhriyana Alifah Oktania Alim Aqqil Nashrulah Annisa Dwi Pratiwi Asika Fauziah Della Destiana Febri Yanti Fitri Ramadanti Firsta Azzahra pasyah Hadana Nur Fauzi Hani Melly Mayanti Hasanah ...

PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Buku ini kami persembahkan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau mahasiswa yang berada dalam lingkup Keguruan dan Ilmu Pendidikan, juga bagi guruguru dan praktisi pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Tentunya buku ini dapat menjadi referensi utama dalam memahami dan mengetahui karakteristik peserta didik SD pada setiap aspek perkembangannya. Pemahaman terhadap karakteristik peserta didik SD pada aspek fisik dan perseptual membantu guru dalam mendesain kegiatan pembelajaran dan pola penyajian materi ajar agar sesuai dengan kondisi fisik dan perseptual anak didik. Begitu juga dengan pemahaman pada aspek intelektual dan kreativitas dapat membantu guru dalam memilih media pembelajaran, menentukan model/ strategi/metode pembelajaran, pola penyajian materi ajar, serta menciptakan iklim dan suasana pembelajaran yang sesuai. Pun demikian, pemahaman terhadap aspek sosial, emosional, dan moral membantu guru menciptakan iklim dan suasana pembelajaran yang sesuai dengan kepribadian anak didik secara klasikal dan sebagai pedoman dalam melakukan pendekatan. Sedangkan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik pada aspek bahasa tentu akan membantu guru dalam menyajikan materi ajar, melakukan pendekatan terhadap peserta didik, dan menciptakan iklim dan suasana pembelajaran sesuai kemampuan komunikasi peserta didik. Peserta didik adalah subjek pembelajaran, individu yang diharapkan dapat menguasai materi ajar yang diberikan dan mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Oleh karena itu kemampuan untuk memenuhi kebutuhan subjek pembelajaran iv tersebut merupakan sesuatu yang mutlak. Penjelasan di atas merupakan jabaran singkat mengenai pentingnya memahami perkembangan peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran yang sesuai. Kami harap keberadaan buku ini dapat membantu mahasiswa, guru, dan praktisi pendidikan jenjang SD dalam memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut. Akhir kata, sesuai tujuan awal kami untuk mempermudah pihak-pihak yang berkepentingan menemukan rujukan yang tepat, semoga buku ini mendapatkan tempat di hati pembaca dan bermanfaat dalam mengawal guru menciptakan pembelajaran yang selaras dengan karakteristik peserta didik SD.

Buku ini kami persembahkan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau mahasiswa yang berada dalam lingkup Keguruan dan Ilmu Pendidikan, juga bagi guruguru dan praktisi pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Perkembangan Peserta Didik

Buku yang berjudul Perkembangan Peserta Didik ini ditulis berdasarkan analisis empiris tentang proses pembelajaran pada lembaga pendidikan pada umumnya, dengan tujuan: Pertama: Untuk melihat mengukur dan menimbang pertumbuhan dan perkembangan peserta didik pada lembaga pendidikan pada umumnya. Kedua: Untuk menjelaskan tentang apa sesungguhnya yang dimaksud peserta didik serta berbagai problema yang dihadapi peserta didik tersebut. Ketiga: Menjelaskan tentang proses belajar mengajar, meliputi pengertian atau pemaknaan, prinsip-prinsip, faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan belajar, metode pembelajaran dan cara-cara meningkatkan mutu/kualitas pembelajaran, mengenai faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran seperti kesulitan belajar dan faktor penyebabnya, tidak luput dari kupasan tajam di dalam buku ini, kecuali itu, buku ini juga membahas dan mengupas tuntas urgensi bimbingan belajar baik dilihat dari sisi fungsi substansi dan teknik bimbingan maupun peran-peran guru dalam melakukan bimbingan dan motivasi para peserta didik. Demikian pula aspek-aspek psikologis seperti minat, bakat dan ragam jenisnya serta bagaimana mengembangkan proses pembelajaran berbasis minat dan bakat tersebut, tidak luput menjadi bahasan penting di dalam buku ini, sedangkan mengenai hakikat belajar, pengertian ciri-ciri prinsip-prinsip dan faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dikupas pada bagian akhir buku ini untuk itu, kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas hadirnya buku yang sangat penting ini, terutama dalam rangka memetakan gagasan, ide, pikiran dan konsep-konsep keilmuan, khususnya dalam bidang pendidikan. Manfaat lain dari buku ini adalah memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan Intelektual di era persaingan global saat ini dan mendatang. Perkembangan Peserta Didik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku yang berjudul Perkembangan Peserta Didik ini ditulis berdasarkan analisis empiris tentang proses pembelajaran pada lembaga pendidikan pada umumnya, dengan tujuan: Pertama: Untuk melihat mengukur dan menimbang pertumbuhan dan ...

Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar

Perilaku menggambarkan kecenderungan seseorang untuk bertindak, berbuat atau melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Konsep perilaku ini penting untuk diketahui sebagai bagian dari psikologi peserta didik. Dalam buku ini diketengahkan mengenai prinsip dasar umum perilaku, perkembangan perilaku dan pribadi, konsep dasar belajar, konsep dasar mengajar, prinsip dasar bimbingan belajar, karakteristik perbedaan individu, perkembangan fisik sosial, intelektual dan bahasa. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Siti Aisyah, S.Ag., M.Pd.]

Buku Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Siti Aisyah, S.Ag., M.Pd.]

Psikologi Perkembangan

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks yang melibatkan daya, cipta, rasa dan karsa yang harus dirancang dengan baik sehingga dapat membangun suatu pembelajaran yang sangat menyenangkan. Ibarat suatu pertandingan sepak bola, sedemikian banyaknya pemain yang dimainkan disertai dengan berbagai skill dan rasa optimisme yang tinggi agar dapat menghasilkan pertandingan yang baik dan menghasilkan goal serta enak ditonton. Demikian juga proses pembelajaran harus mampu memadukan faktor-faktor yang ada disertai kemampuan guru untuk menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan, membuat peserta didiknya betah dan mampu mengekspresikan potensinya, serta akhirnya berhasil mengantarkannya mencapai tujuan yang baik. Buku ini diberi judul Psikologi Perkembangan yang merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para pendidik memahami dan mendeskripsikan peserta didik serta menawarkan alternatif intervensi edukatif untuk pengembangan secara maksimal potensi yang dimilikinya. Buku ini dimaksudkan sebagai buku pegangan utama dalam mata kuliah Perkembangan Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan Tenaga vi Kependidikan jenjang strata satu (S-1) yang merupakan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan harus dikuasai oleh semua mahasiswa kependidikan sebagai calon pendidik dan calon guru di SMP dan pendidikan menengah, yang berarti para siswanya sedang berada pada fase remaja maka pembahasan buku ini banyak menekankan pada perkembangan remaja.

Buku ini diberi judul Psikologi Perkembangan yang merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para pendidik memahami dan mendeskripsikan peserta didik serta menawarkan alternatif intervensi edukatif untuk pengembangan secara maksimal ...

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Buku Perkembangan Peserta Didik akan memberikan pengetahuan, khususnya agar calon guru ataupun yang sudah berprofesi sebagai guru memiliki pemahaman dan wawasan yang baik mengenai perkembangan peserta didik. Sebagai tenaga professional dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan tidak hanya memahami ilmu yang akan diajarkan dan cara transfer pengetahuan saja, namun di dalam kelas guru akan menghadapi berbagai macam latar belakang peserta didik yang beragam. Tentu hal ini sangat membutuhkan pemahaman guru mengenai karakteristik psikologis peserta didiknya, sehingga guru dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan pesertanya.

Buku Perkembangan Peserta Didik akan memberikan pengetahuan, khususnya agar calon guru ataupun yang sudah berprofesi sebagai guru memiliki pemahaman dan wawasan yang baik mengenai perkembangan peserta didik.