Sebanyak 21 item atau buku ditemukan

Buku Adsorpsi Arang Aktif

(Kimia Permukaan–Kimia Zat Padat–Kimia Katalis)

Adsorpsi pada dasarnya merupakan suatu fenomena yang terjadi pada permukaan suatu bahan padatan. Fenomena tersebut adalah peristiwa terjadinya penempelan suatu partikel pada permukaan suatu bahan padatan. Materi atau partikel yang menempel atau terakumulasi pada bahan padatan ini disebut adsorbat, sedangkan bahan padatan di mana terjadi atau berlangsungnya peristiwa penempelan materi atau partikel disebut sebagai adsorben. Bahan padatan, terutama dalam keadaan telah dihaluskan, memiliki luas permukaan tertentu, tergantung ukuran kehalusannya. Hal ini akan diuraikan lebih luas pada Bagian III dari buku ini.

Statistik

Grundlagen und Methodik

Statistische Methoden stellen nicht nur wegen ihrer teils erheblichen Komplexität, sondern häufig auch aufgrund unzureichender Grundkenntnisse potenzieller Anwender eine große Verständnishürde dar. Das vorliegende Lehrbuch, in der zweiten korrigierten Auflage, trägt diesem Umstand Rechnung und bietet eine tief gehende und zugleich sehr verständlich geschriebene Einführung in die mathematisch-methodischen Grundlagen des Faches Statistik.

Das vorliegende Lehrbuch, in der zweiten korrigierten Auflage, trägt diesem Umstand Rechnung und bietet eine tief gehende und zugleich sehr verständlich geschriebene Einführung in die mathematisch-methodischen Grundlagen des Faches ...

Beschreibende Statistik für die Grundschule (Mathematik, 2. Klasse)

Unterrichtsentwurf aus dem Jahr 2021 im Fachbereich Didaktik - Mathematik, , Sprache: Deutsch, Abstract: Diese Arbeit stellt einen Unterrichtsentwurf im Fach Mathematik zum Thema "Unsere Schule in Zahlen – Wir erfassen Daten und stellen diese dar!" für die 2. Klasse der Grundschule. Dabei liegt die Schwerpunktkompetenz der Stunde auf der Auswertung der erhobenen Daten, indem die gesammelten Daten übersichtlich in einem Säulendiagramm dargestellt werden und erste Interpretationen vorgenommen werden.

Unterrichtsentwurf aus dem Jahr 2021 im Fachbereich Didaktik - Mathematik, , Sprache: Deutsch, Abstract: Diese Arbeit stellt einen Unterrichtsentwurf im Fach Mathematik zum Thema "Unsere Schule in Zahlen – Wir erfassen Daten und stellen ...

Perkembangan Peserta Didik

Dalam pengkajian perkembangan individu ada dua istilah yang sering muncul, pertama yaitu istilah pertumbuhan (growth), dan kedua adalah istilah perkembangan (development). Istilah pertumbuhan dipakai untuk perubahan-perubahan yang bersifat fisik (kuantitatif), sedangkan istilah perkembangan dititikberatkan pada aspek-aspek yang bersifat psikis (kualitatif). Antara fisik dan psikis ini saling berkaitan dalam menelaah kehidupan manusia. Aspek perkembangan meliputi perkembangan fisik yang tampak nyata dari luar, perkembangan kognitif yang berkaitan dengan kecerdasan dan perkembangan bahasa, perkembangan emosi yang berkaitan dengan kepribadian dan pengendalian diri, dan perkembangan sosial yang berkaitan dengan interaksi dan komunikasi dengan lingkungan sekitar. Buku ini akan menguraikan lebih luas, perkembangan individu, khususnya dalam kapasitas sebagai peserta didik. pembahasan dalam buku ini dibagi dalam sembilan bagian

Buku ini akan menguraikan lebih luas, perkembangan individu, khususnya dalam kapasitas sebagai peserta didik. pembahasan dalam buku ini dibagi dalam sembilan bagian

Teori Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi (fisik maupun spikis) yang terjadi secara teratur dan terorganisasi dan berlangsung sepanjang hayat. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita.

Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi (fisik maupun spikis) yang terjadi secara teratur dan terorganisasi dan berlangsung sepanjang hayat.

Psikologi Perkembangan Peserta Didik

Buku ini, kami berharap akan menambah referensi yang berarti bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata kuliah ini, khususnya di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan secara umum di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Bagi mahasiswa, buku ini diharapkan dapat menjadi landasan pemikiran serta perilaku sebagai calon pendidik yang mampu memahami perkembangan setiap peserta didik.

Buku ini, kami berharap akan menambah referensi yang berarti bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata kuliah ini, khususnya di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan secara umum di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Pertumbuhan adalah perubahan keadaan tubuh atau jasmani sebagai proses fungsi-fungsi fisik seperti bertambahnya berat, tulang, otot-otot menjadi kuat, lingkar tubuh menjadi lebih besar, dan organ tubuh menjadi sempurna. Ppertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang berjalan normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu sampai titik akhir, yang berarti masa pertumbuhan telah selesai.

Pertumbuhan adalah perubahan keadaan tubuh atau jasmani sebagai proses fungsi-fungsi fisik seperti bertambahnya berat, tulang, otot-otot menjadi kuat, lingkar tubuh menjadi lebih besar, dan organ tubuh menjadi sempurna.

Perkembangan Peserta Didik

Buku dengan judul “Perkembangan Peserta Didik” merupakan buku ajar yang disusun sebagai media pembelajaran, sumber referensi dan pedoman belajar bagi mahasiswa. Buku ini juga akan memberikan informasi secara lengkap mengenai materi apa saja yang akan mereka pelajari yang berasal dari berbagai sumber terpercaya yang berguna sebagai tambahan wawasan mengenai bab-bab yang dipelajari tersebut. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep dasar Psikologi perkembangan; Perkembangan dan pertumbuhan; Dimensi peserta didik; Kebutuhan peserta didik; Perkembangan Kognitif peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa.; Perkembangan Fisik Motorik Peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa); Perkembangan Emosi Peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa); Perkembangan Sosial Peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa); Perkembangan Moral Peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa); Kreativitas peserta didik; Optimasi perkembangan peserta didik.

; Perkembangan Fisik Motorik Peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa); Perkembangan Emosi Peserta didik (Masa Kanak-kanak, Masa Anak, Masa Remaja, dan Masa Dewasa); Perkembangan Sosial Peserta didik (Masa ...

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Buku Perkembangan Peserta Didik akan memberikan pengetahuan, khususnya agar calon guru ataupun yang sudah berprofesi sebagai guru memiliki pemahaman dan wawasan yang baik mengenai perkembangan peserta didik. Sebagai tenaga professional dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan tidak hanya memahami ilmu yang akan diajarkan dan cara transfer pengetahuan saja, namun di dalam kelas guru akan menghadapi berbagai macam latar belakang peserta didik yang beragam. Tentu hal ini sangat membutuhkan pemahaman guru mengenai karakteristik psikologis peserta didiknya, sehingga guru dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan pesertanya.

Buku Perkembangan Peserta Didik akan memberikan pengetahuan, khususnya agar calon guru ataupun yang sudah berprofesi sebagai guru memiliki pemahaman dan wawasan yang baik mengenai perkembangan peserta didik.

BUKU AJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah ini dapat terselesaikan dengan baik. Penulisan Buku Ajar ini dilatarbelakangi adanya upaya peningkatan mutu pembelajaran di Prodi Manajemen Pendidikan Kristen (MPK), Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Selain itu, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Prodi MPK tahun 2021, publikasi dosen untuk buku ajar jumlahnya masih perlu ditingkatkan. Fenomena yang demikian sebenarnya tidak hanya terjadi di Prodi MPK, melainkan di beberapa Prodi yang ada di IAKN Tarutung dan bahkan di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen lainnya yang ada di Indonesia.

Seni dan Budaya 8. Pendidikan Jasmani dan Olah Raga 9. Ketrampilan/ Kejuruan 10. Pengetahuan Alkitab 11. Pendidikan karakter Kristen Pendidikan Jasmani dan Olah Raga 10. Ketrampilan/ Kejuruan 11. Pengetahuan Alkitab 12.